Cristiana Putri, Inneke Arsita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PERUBAHAN WUJUD ZAT (MOLIPUZA) DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060278.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060278_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_0714118403_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060278_0713037304_0713037304_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060278_0713037304_0713037304_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060278_0713037304_0713037304_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060278_0713037304_0713037304_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060278_0713037304_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (424kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060278_0713037304_0713037304_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan penyebaran angket Need Assesmesnt, berdasarkan dari hasil angket kebutuhan siswa yang telah disebarkan di SDN Burengan 1 khususnya pada kelas 4.Siswa di kelas 4 mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran ipa di karenakan kurangnya kreativitas guru pada saat mengajar. Akibatnya siswa kelas 4 pada mata pelajaran IPA mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Rumusan Permasalahan meliputi (1) Bagaimana kevalidan media pemelajaran MOLIPUZA dengan metode Cooperative Learning tipe STAD pada materi perubahan wujud siswa kelas 4 SD? (2) Bagaimana kepraktisan media pemelajaran MOLIPUZA dengan metode Cooperative Learning tipe STAD pada materi perubahan wujud zat siswa kelas 4 SD? (3) Bagaimana keefektifan media pemelajaran MOLIPUZA dengan metode Cooperative Learning tipe STAD pada materi perubahan wujud zat siswa kelas 4 SD? Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran MOLIPUZA dengan metode Cooperative Learning tipe STAD pada materi perubahan wujud zat kelas 4 SD (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran MOLIPUZA dengan metode Cooperative Learning tipe STAD pada materi perubahan wujud zat kelas 4 SD (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran MOLIPUZA dengan metode Cooperative Learning tipe STAD pada materi perubahan wujud zat kelas 4 SD Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Media MOLIPUZA dinyatakan sebagai media yang valid. Kevalidan media dapat dilihat dari hasil validasi media mendapatkan nilai sebesar 87,5%. Sedangkan validasi materi memperoleh nilai 92,5%. Dengan demikian media MOLIPUZA dapat dikatakan sangat valid. (2) Media MOLIPUZA dinyatakan praktis. Kepraktisan media dapat dilihat dari angket respon guru mendapatkan respon sebesar 95%, sedangkan hasil angket respon siswa memperoleh respon sebesar 95,7%. Dengan demikian media MOLIPUZA dapat dikatakan sangat praktis. (3). Keefektifan pengembangan media MOLIPUZA dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal siswa pada uji luas memperoleh skor presentase 90% dinyatakan sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran MOLIPUZA dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning media, monopoly, changes in the form of substances |
Subjects: | 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Inneke Arsita Cristiana Putri |
Last Modified: | 05 Aug 2025 12:18 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |