HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMKN 2 KEDIRI

Fadillah, Luisa Andin Nur (2025) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMKN 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_2114010035.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010035_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd Bab 1 + References)
RAMA_86201_2114010035_0708068904_070568605_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010035_0708068904_070568605_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010035_0708068904_070568605_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010035_0708068904_070568605_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010035_0708068904_070568605_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2114010035_0708068904_070568605_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010035_0708068904_070568605_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan berada di SMKN 2 Kediri mengalami ketidakpastian terkait pilihan karir mereka setelah lulus. Bahkan setelah mencapai kelas XI, banyak siswa masih merasa ragu apakah mereka ingin langsung bekerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi. Ketidakpastian ini diduga berkaitan dengan kurangnya pemahaman terhadap minat, bakat, dan potensi diri yang merupakan bagian dari konsep diri. Selain itu, lemahnya motivasi belajar yang tercermin dari kurangnya fokus terhadap tujuan akademik dan rendahnya perhatian pada guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan motivasi belajar terhadap pengambilan keputusan karir siswa di SMKN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 2 Kediri, dengan jumlah sampel yang diambil dari populasi melalui teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa skala psikologi, yaitu skala konsep diri, skala motivasi belajar, dan skala pengambilan keputusan karir. Instrumen tersebut disusun berdasarkan indikator teoritis dari masing-masing variabel dan divalidasi melalui uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup dengan skala Likert 4 pilihan tanpa jawaban netral, dan hasilnya diolah menggunakan metode statistik. Data dalam penelitian ini dianalisis terlebih dahulu melalui uji prasyarat, meliputi uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas, untuk memastikan kelayakan analisis statistik. Setelah terpenuhi, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis korelasi parsial. Kriteria pengambilan keputusan didasarkan pada nilai signifikansi (Sig.), yaitu jika Sig. < 0,05 maka Hₐ diterima dan jika Sig. > 0,05 maka H₀ diterima. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa, koefisien r = 0,061 dan signifikansi 0,633 > 0,05, yang mengindikasikan bahwa hubungan antara konsep diri dan motivasi belajar tetap tidak signifikan terhadap pengambilan keputusan karir. Temuan ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar terhadap pengambilan keputusan karir. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa secara simultan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar dengan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI di SMKN 2 Kediri. Meskipun arah hubungan menunjukkan kecenderungan positif, kekuatannya tergolong rendah dan tidak signifikan secara statistik, sehingga hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nol diterima. Hal ini menunjukkan bahwa konsep diri dan motivasi belajar belum cukup untuk memprediksi pengambilan keputusan karir siswa, karena faktor lain seperti informasi karir, dukungan sosial, pengalaman eksplorasi, dan lingkungan sekitar turut memengaruhi. Oleh karena itu, program bimbingan dan konseling di sekolah perlu dirancang secara lebih komprehensif, tidak hanya menekankan aspek personal, tetapi juga mendukung akses informasi karir dan keterlibatan lingkungan sosial. Saran yang diajukan mencakup pentingnya peningkatan kesadaran diri dan motivasi belajar bagi siswa, penguatan layanan bimbingan karir oleh guru BK melalui informasi karir dan pelibatan lingkungan, serta peran sekolah dalam memfasilitasi program eksplorasi karir. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan kelas, mempertimbangkan variabel tambahan seperti efikasi diri dan kecerdasan emosional, serta menggunakan pendekatan kualitatif atau campuran untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan karir siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Motivasi Belajar, Pengambilan Keputusan Karir
Subjects: 710 Education science > 731 Sociology education (social sciences)
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Luisa Andin Nur Fadillah
Last Modified: 05 Aug 2025 13:15
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18935

Actions (login required)

View Item View Item