Pangestu, Yorda Aditya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME VISUAL NOVEL PANCANAKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI POLA BILANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84202_2115010019.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010019_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010019_0721048402_0718068701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010019_0721048402_0718068701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010019_0721048402_0718068701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010019_0721048402_0718068701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010019_0721048402_0718068701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010019_0721048402_0718068701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (282kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010019_0721048402_0718068701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP Kalijogo Wates, diketahui bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi pola bilangan. Kurangnya fasilitas pembelajaran seperti media dan guru yang masih menggunakan metode ceramah merupakan salah satu faktor kendala dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap materi pola bilangan. Permasalahan dan tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mengetahui pengembangan Media Pembelajaran Game Visual Novel PANCANAKA Berbasis Etnomatematika pada materi pola bilangan, (2) Mengetahui kevalidan Media Pembelajaran Game Visual Novel PANCANAKA Berbasis Etnomatematika pada materi pola bilangan, (3) Mengetahui kepraktisan Media Pembelajaran Game Visual Novel PANCANAKA Berbasis Etnomatematika pada materi pola bilangan, (4) Mengetahui keefektifan Media Pembelajaran Game Visual Novel PANCANAKA Berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Media Pembelajaran Game Visual Novel PANCANAKA dikembangakan dengan model ADDIE. Tahap analysis dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan dan analisis kinerja. Tahap design dilakukan dengan merancang konsep Media Pembelajaran Game Visual Novel PANCANAKA. Tahap development dilakukan produksi media dan validasi. Tahap implementasi dilakukan dengan dengan uji coba terbatas dan uji coba luas. Tahap evaluasi dengan mengolah hasil penelitian dan menafsirkan kelayakan media, (2) Media Pembelajaran Game Visual Novel PANCANAKA dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan praktisi dengan skor perolehan rata-rata gabungan 88,16%, (3) Sedangkan kepraktisan melalui respon siswa diperoleh nilai persentase rata-rata 91,6% dengan kategori kepraktisan sangat baik, (4) Terjadi Peningkatan pemahaman siswa setelah dilakukan uji coba Media Pembelajaran Game Visual Novel PANCANAKA yang dilihat dari nilai pretest dan pottest siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, peneliti merekomendasikan pengembangan media dengan software sejenis dapat dilakukan penambahan menu yang lebih menarik, perluasan materi, dan lebih memanfaatkan fitur yang telah disediakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pola Bilangan, Pemahaman Konsep |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yorda Aditya Pangestu |
Last Modified: | 05 Aug 2025 09:59 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |