OPTIMALISASI PENCIPTAAN “LAGU MODEL” ANAK USIA DINI (Studi Deskriptif pada Mata Kuliah Keterampilan Seni Musik Mahasiswa Tingkat II Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun Akademik 2015/2016)

RAHARJO, ITOT BIAN (2017) OPTIMALISASI PENCIPTAAN “LAGU MODEL” ANAK USIA DINI (Studi Deskriptif pada Mata Kuliah Keterampilan Seni Musik Mahasiswa Tingkat II Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun Akademik 2015/2016). In: Prosiding Seminar Nasional dan Pameran Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Seni, Teknologi, dan Masyarakat #2. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta, pp. 40-45.

[img] Text
OPTIMALISASI PENCIPTAAN “LAGU MODEL” ANAK USIA DINI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Uji Plagiasi OPTIMALISASI_PENCIPTAAN__LAGU_MODEL__ANAK_USIA_DINI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Peer Review Lagu Model.pdf

Download (189kB)
Official URL: https://dipro.isi-ska.ac.id/index.php/SemHas/artic...

Abstract

Lagu model merupakan lagu yang digunakan sebagai media dalam mencapai pembelajaran berdasarkan tema. Yang menjadi kendala dalam proses penciptaan lagu adalah perbedaan kemampuan musikal mahasiswa antara latar belakang pendidikan musik dan mahasiswa di Prodi PG-PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi proses pembelajaran cipta lagu untuk pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II di kelas A, B, C, dan D yang berjumlah 59 orang mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2015/2016, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa cara untuk mengoptimalkan penciptaan “Lagu Model” anak usia dini adalah melalui pembuatan sinopsis, pelaksanaan metode diskusi kolaboratif, apresiasi, serta pendokumentasian lagu dalam bentuk CD dan Buku. Dengan adanya metode yang tepat dalam mengoptimalkan proses pembelajaran, maka dapat meningkatkan kualitas lagu yang diciptakan oleh mahasiswa.

Item Type: Book Section
Subjects: 660 Art, design and media > 674 Music art
710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Itot Bian Raharjo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:54
Last Modified: 02 Dec 2020 10:08
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item