UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASICC BERBASIS LESSON STUDY DI SMAN 1 MOJO KEDIRI

Hendarso, Septa Adi (2025) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASICC BERBASIS LESSON STUDY DI SMAN 1 MOJO KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_2115020017.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_2115020017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2115020017_0713088605_0717058904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_2115020017_0713088605_0717058904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_2115020017_0713088605_0717058904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_2115020017_0713088605_0717058904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_2115020017_0713088605_0717058904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_2115020017_0713088605_0717058904_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (103kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_2115020017_0713088605_0717058904_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang mengungkapkan bahwa proses pembelajaran Biologi di kelas X-10 SMAN 1 Mojo masih terbilang pasif dan masih berorientasi pada guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket rata-rata motivasi belajar siswa yang rendah sebesar 55,76% dengan kategori rendah. Selain itu, keterampilan kolaborasi siswa juga tergolong rendah dengan persentase 54,29% dengan kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa melalui model pembelajaran ASICC berbasis lesson study. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang yang dikolaborasikan dengan lesson study dengan tahapan Plan, Do, See. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025 yaitu bulan November 2024 sampai Februari 2025. Data diperoleh dari hasil wawancara, angket motivasi belajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan rubrik angket motivasi belajar dan rubrik observasi keterampilan kolaborasi kemudian dianalisis menggunakan penghitungan persentase rata rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa yang dilaksanakan selama dua siklus mengalami peningkatan. Hasil persentase pada siklus 1 motivasi belajar menunjukan hasil rata-rata kelas 65,62% dengan kategori sedang, sedangkan keterampilan kolaborasi dengan hasil 60,00% yang juga dalam kategori sedang. Terdapat peningkatan yang cukup signifikan pada siklus 2 baik pada motivasi belajar dengan persentase 76,81% dengan kategori tinggi, dan pada keterampilan kolaborasi yakni persentase 76,61% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ASICC berbasis lesson study efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa kelas X-10 SMAN 1 Mojo pada mata pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Keterampilan Kolaborasi, ASICC
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences
100 Mathematics and natural science > 113 Biology (and general biotechnology)
710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Septa Adi Hendarso
Last Modified: 06 Aug 2025 07:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18860

Actions (login required)

View Item View Item