Ariani, Alvida (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK PADA MATERI PERUBAHAN PERMUKAAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN TAROKAN 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060141.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060141_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060141_0701058701_0701128306_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060141_0701058701_0701128306_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060141_0701058701_0701128306_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060141_0701058701_0701128306_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (858kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060141_0701058701_0701128306_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (97kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060141_0701058701_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (192kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060141_0701058701_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di SDN Tarokan 4. Berdasarkan hasil observasi wawancara, studi analisis hasil belajar siswa, muncul permasalahan-permasalahan yang diketahui bahwa rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN Tarokan 4, khususnya pada materi perubahan permukaan bumi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi bahan ajar dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi di kelas. Pembelajaran masih bergantung pada buku cetak dan LKS, sementara perangkat digital yang tersedia belum dimanfaatkan. Dari 41 siswa, hanya 13 yang mencapai nilai di atas KKTP. Pada tahap ini, perlu dikembangkan bahan ajar flipbook pada materi perubahan permukaan bumi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar flipbook pada materi perubahan permukaan bumi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Tarokan 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development atau R&D. Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan bahan ajar flipbook ini yaitu model ADDIE yang mencangkup 5 tahapan. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 41 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi dan ahli media, angket guru dan siswa, serta tes. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu hasil kevalidan yang diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli bahan ajar, hasil kepraktisan dari hasil angket respon guru dan siswa, serta hasil keefektifan melalui uji N-gain dari hasil soal pre-test dan post-test siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, maka didapatkan beberapa hasil sebagai berikut: (1) Kevalidan bahan ajar flipbook di uji oleh 2 orang dosen ahli yaitu ahli materi dan ahli bahan ajar. Berdasarkan hasil gabungan validasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar, bahan ajar flipbook memperoleh rata-rata persentase 93% dan dinyatakan dalam kriteria “sangat valid” (2) Kepraktisan bahan ajar flipbook melalui angket respon guru dan siswa. Berdasarkan analisis hasil angket respon guru dari uji coba terbatas diperoleh persentase 100% dan hasil angket respon siswa dari uji luas diperoleh persentase 82,5%. Keduanya termasuk dalam kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan bahan ajar flipbook dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan melalui uji N-gain dengan persentase 77,07% dalam kriteria “efektif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar flipbook yang dikembangkan terbukti layak digunakan pada materi perubahan permukaan bumi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Tarokan 4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Flipbook, Perubahan Permukaan Bumi, Hasil Belajar |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 797 Curriculum development |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Alvida Ariani |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:01 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |