HUBUNGAN SELF CONTROL DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 2 KEDIRI

Prameswari, Friska Elya (2025) HUBUNGAN SELF CONTROL DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_2114010038.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010028_0728038306_0726079001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010038_0728038306_0726079001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010038_0728038306_0726079001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010038_0728038306_0726079001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010038_0728038306_0726079001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2114010038_0728038306_0726079001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (366kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010038_0728038306_0726079001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perilaku membolos yang dilakukan oleh peserta didik di SMK PGRI 2 Kediri. Perilaku membolos yang terjadi secara berulang tanpa keterangan ini berdampak negatif terhadap proses pembelajaran, prestasi akademik, serta perkembangan sosial siswa. Fenomena ini diduga berkaitan erat dengan rendahnya self control dalam diri peserta didik serta adanya pengaruh negatif dari lingkungan teman sebaya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self control dan lingkungan teman sebaya dengan perilaku membolos peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, yang bertujuan untuk melihat hubungan antara dua variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 siswa, dan sebanyak 30 siswa kelas XI dipilih sebagai sampel melalui teknik purposive sampling, dengan pertimbangan bahwa mereka merupakan kelompok yang paling sering terlibat dalam perilaku membolos menurut hasil observasi dan wawancara awal. Instrumen yang digunakan berupa tiga jenis skala Likert, yaitu skala self control, skala lingkungan teman sebaya, dan skala perilaku membolos, yang masing-masing disusun berdasarkan indikator teoritis yang relevan dan telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS versi 26. Seluruh item yang digunakan dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self control dan perilaku membolos dengan nilai koefisien r = 0,416 dan signifikansi p = 0,022, yang berarti semakin tinggi self control yang dimiliki siswa, maka semakin rendah kecenderungan mereka untuk membolos. Sebaliknya, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara lingkungan teman sebaya dengan perilaku membolos, dengan nilai r = 0,116 dan signifikansi p = 0,543. Hasil uji korelasi ganda secara simultan juga menunjukkan bahwa self control dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama tidak memiliki hubungan signifikan terhadap perilaku membolos, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi pada uji F yang lebih besar dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa self control merupakan faktor yang lebih dominan dibandingkan lingkungan teman sebaya dalam memengaruhi perilaku membolos siswa. Oleh karena itu, disarankan agar pihak sekolah, khususnya guru BK, mengembangkan layanan bimbingan dan konseling yang fokus pada peningkatan kontrol diri siswa sebagai bentuk intervensi preventif. Melalui penguatan aspek self control, diharapkan siswa mampu mengambil keputusan secara lebih bijak, mengatur emosi dan dorongan diri, serta menghindari perilaku menyimpang seperti membolos yang dapat merugikan masa depan akademik mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self control, lingkungan teman sebaya, perilaku membolos, peserta didik
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Friska Elya Prameswari
Last Modified: 05 Aug 2025 06:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18767

Actions (login required)

View Item View Item