Ananda, Seha (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK KESADARAN DIRI (CONGDARDIR) UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86201_2114010047.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010047_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010047_0702068903_0726079001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010047_0702068903_0726079001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (661kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010047_0702068903_0726079001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (493kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010047_0702068903_0726079001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (861kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010047_0702068903_0726079001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2114010047_0702068903_0726079001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (211kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010047_0702068903_0726079001_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan “CONGDARDIR” sebagai alat bantu layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan self awareness siswa SMA. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya self awareness siswa yang menunjukkan beberapa perilaku yang tidak sesuai yaitu bermain handphone sambil memakai earphone saat ada guru di dalam kelas, memakan bekal saat tahu ada guru di dalam kelas, mengobrol dengan teman dan tidak menghiraukan kehadiran guru di kelas, serta banyak siswa yang mengikuti jawaban temannya saat ditanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 3 Kediri. Pada tahap analisis, hasil wawancara dengan guru BK dan penyebaran angket kebutuhan menunjukkan bahwa siswa memang kurang menyadari lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu penggunaan media permainan Congklak Kesadaran Diri (CONGDARDIR) yang dikembangkan berbentuk permainan simulasi reflektif berbasis papan dan kartu refleksi. Uji ahli materi oleh dosen BK menunjukkan persentase kelayakan sebesar 94%, dan berkategori sangat layak digunakan, uji ahli media memperoleh skor 86%, menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan, dan uji pengguna oleh guru BK menunjukkan skor kelayakan sebesar 93% artinya media permainan sangat layak digunakan. Uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil pretest self awareness dengan rata-rata skor 88.13 (kategori rendah), meningkat menjadi 136,13 pada posttest (kategori tinggi), selain itu, berdasarkan hasil uji normalitas Shapiro-Wilk pada data pretest dan posttest self awareness, diperoleh nilai signifikansi (Sig.) masing-masing sebesar 0,203 untuk pretest dan 0,116 untuk posttest. Karena kedua nilai signifikansi tersebut < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data pretest maupun posttest self-awareness berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan Sig. <0,05, artinya data dari kedua kelompok memiliki varians yang homogen atau setara. Selain itu, uji t paired sample t-test mendapatkan hasil Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan “CONGDARDIR” efektif dan layak digunakan sebagai media pendukung layanan dasar bimbingan dan konseling untuk meningkatkan self awareness siswa SMA. Sebagai saran, guru BK disarankan untuk memanfaatkan media ini dalam layanan secara berkelanjutan. Sekolah juga diharapkan mendukung penggunaan media ini sebagai bagian dari penguatan karakter siswa. Peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan media ini dan mengujinya pada konteks sekolah yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media permainan CONGDARDIR, self awarenes, siswa SMA |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Seha Ananda |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:59 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |