IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH SHUFFLE PADA GAME EDUKASI BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON

Shodikin, Mukhlifatus (2025) IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH SHUFFLE PADA GAME EDUKASI BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_55201_2113020051.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_2113020051_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_2113020051_0720117501_0708049001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_2113020051_0720117501_0708049001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_2113020051_0720117501_0708049001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_2113020051_0720117501_0708049001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_2113020051_0720117501_0708049001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_55201_2113020051_0720117501_0708049001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (74kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_2113020051_0720117501_0708049001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemrograman merupakan keterampilan esensial di era digital, namun masih menjadi tantangan bagi siswa SMK, khususnya dalam memahami logika dasar bahasa Python. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi berbasis web dengan mengimplementasikan algoritma Knuth Shuffle untuk mengacak soal secara efisien. Game bernama EduPython Adventure dirancang agar siswa dapat belajar pemrograman secara interaktif melalui sistem permainan berbasis tantangan logika. Algoritma Knuth Shuffle digunakan untuk memastikan distribusi soal yang acak dan adil di setiap sesi permainan, mendorong siswa berpikir adaptif serta menghindari pola hafalan. Penelitian menggunakan pendekatan Game Development Life Cycle (GDLC) hingga tahap produksi, dengan teknologi HTML, CSS, JavaScript, Python Flask, dan SQLite. Hasil implementasi menunjukkan bahwa game berjalan stabil di berbagai perangkat, sistem pengacakan bekerja dengan baik, dan fitur pembelajaran seperti hint, skor, dan leaderboard mendukung pengalaman belajar yang menyenangkan. Game ini dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep pemrograman Python, serta dapat dijadikan model media pembelajaran inovatif untuk lingkungan pendidikan vokasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Python, SMK, Knuth Shuffle, pembelajaran interaktif
Subjects: 410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 463 Software engineering
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Mukhlifatus Shodikin
Last Modified: 04 Aug 2025 08:27
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18486

Actions (login required)

View Item View Item