PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MONOPOLI PADA MATERI AKTIVITAS KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA SMP DHARMA WANITA PARE KABUPATEN KEDIRI

Valenta, Permata (2025) PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MONOPOLI PADA MATERI AKTIVITAS KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA SMP DHARMA WANITA PARE KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_87203_2112030018.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030018_0711098201_0006016701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030018_0711098201_0006016701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030018_0711098201_0006016701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030018_0711098201_0006016701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030018_0711098201_0006016701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87203_2112030018_0711098201_0006016701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (189kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030018_0711098201_0006016701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan yang dialami pendidik dimana pendidik kurang berinovasi dalam menyajikan materi pembelajaran supaya menarik dan dapat mengambil perhatian siswa. Hal tersebut membuat pendidik harus memiliki cara yang unik dan berbeda untuk menarik minat siswa. Proses pembelajaran yang diterapkan masih berjalan dengan cara yang monoton sehingga menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Penggunaan metode pengajaran yang minim variasi membuat materi pelajaran kurang menarik, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar bahkan mengikuti pelajaran. Permasalahan ini juga dialami oleh siswa dimana sulitnya peserta didik dalam memahami materi yang di berikan oleh guru dimana hal tersebut berdampak pada minat belajar siswa yang rendah. Akibatnya, prestasi belajar siswa tidak optimal dan antusiasme dalam mengikuti proses pembelajaran menurun. Hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang dimana menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kurangnya minat belajar. Tanpa adanya variasi dalam metode pengajaran, siswa akan lebih cepat merasa bosan dan tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang berakibat pada kurangnya pemahaman materi dan rendahnya pencapaian akademis. Selain itu, media pembelajaran yang monoton dan tidak interaktif gagal membangkitkan minat serta rasa ingin tahu siswa. Adapun permasalahan penelitian untuk mengetahui: (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran berbasis monopoli pada materi aktivitas kegiatan ekonomi pada siswa kelas VII SMP Dharma Wanita Pare? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran berbasis monopoli pada materi aktivitas kegiatan ekonomi pada kelas VII SMP Dharma Wanita Pare? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran berbasis monopoli pada materi aktivitas kegiatan ekonomi pada kelas VII SMP Dharma Wanita Pare? Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model Kuasi Eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas VII sejumlah 23 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran monopoli dinyatakan valid dengan skor 96% oleh ahli media dan dinyatakan valid dengan skor 84% oleh ahli materi. Kepraktisan media monopoli juga dinyatakan praktis dengan skor 84% oleh guru dan dinyatakan praktis dengan skor 93% oleh siswa. Keefektifan dalam media monopoli juga dinyatakan efektif dengan skor rata rata saat pretest memperoleh 57 % dan skor rata rata pada saat postest memperoleh 84%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli memenuhi tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media monopoli, aktivitas kegiatan ekonomi, kevalidan, kepraktisan, keefektifan.
Subjects: 710 Education science > 723 Economic education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Permata Valenta
Last Modified: 05 Aug 2025 06:41
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18467

Actions (login required)

View Item View Item