PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CAPCUT PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI BURENGAN 2 KOTA KEDIRI

Downloads

Downloads per month over past year

Setya Ningrum, Niken Probo (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CAPCUT PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI BURENGAN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060153_SIMILARITY.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060153_0701058701_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (171kB)
[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060153.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060153_0701058701_0719048206_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060153_0701058701_0719048206_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060153_0701058701_0719048206_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060153_0701058701_0719048206_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060153_0701058701_0719048206_06_ref.PDF - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060153_0701058701_0719048206_07_lamp.PDF - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hasil pengamatan saat pembelajaran, ketika dilakukannya tanya jawab mengenai materi pecahan, dari 30 siswa 21 diantaranya mendapatkan nilai dibawah 75 yang artinya nilai tersebut masih dibawah KKTP. Hal ini dilatarbelakangi oleh guru yang tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi pecahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Siswa Kelas 3 SD Burengan 2 Kediri? (2) Bagaimana kepraktisan video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Siswa Kelas 3 SD Burengan 2 Kediri? (3) Bagaimana keefektifan video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Siswa Kelas 3 SD Burengan 2 Kediri? Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menghasilkan produk berupa video pembelajara pada materi pecahan untuk siswa kelas III.Tujuan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut (1) Mendeskripsikan kevalidan video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Siswa Kelas 3 SD Burengan 2 Kediri (2) Mendeskripsikan kepraktisan video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Siswa Kelas 3 SD Burengan 2 Kediri (3) Mendeskripsikan keefektifan video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Siswa Kelas 3 SD Burengan 2 Kediri. Pengembangan video pembelajaran ini dilakukan dengan 5 tahapan ADDIE yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Laboratorium Kediri. Untuk mengukur kelayakan produk dalam penelitian ini dilakukan 3 uji kelayakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan dan kefektifan. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui angket dan soal evaluasi. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi, video pembelajaran ini dinyatakan layak untuk diimplementasikan. Adapun hasil validasi media adalah 88%, sedangkan hasil validasi materi adalah 89% dan dikatakan sangat valid; Data hasil uji kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan pada 30 siswa kelas III SDN Burengan 2 Kediri memperoleh skor presentase rata-rata 94% dan skor angket guru sebesar 93% dengan kriteria sangat praktis; sedangkan data hasi uji keefektifan produk yang diperoleh berdasarkan hasil soal evaluasi dari 30 siswa kelas III yaitu sebesar 90% siswa memperoleh nilai di atas KKTP. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran ini dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: learning media, learning video media, fractions.
Subjects: 200 Animal science > 215 Animal husbandry development
200 Animal science > 216 Animal production
200 Animal science > 217 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Niken Probo Setya Ningrum
Last Modified: 05 Mar 2025 07:53
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item