ISNANDA, ADE NOR (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI PULE 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (870kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028_0721048402_0713087101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028_0721048402_0713087101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028_0721048402_0713087101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028_0721048402_0713087101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028_0721048402_0713087101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028_0721048402_0713087101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (154kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84202_17.1.01.05.0028_0721048402_0713087101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning, peningkatan hasil belajar, dan peningkatan motivasi belajar siswa kelas 5 SDN Pule 2 tahun ajaran 2023-2024. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Pule 2 berjumlah 15 anak, dan seorang guru matematika sebagai pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil observasi siswa, hasil belajar siswa, hasil angket motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi empat (4) tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 80% siswa memiliki motivasi tinggi (≥50) dan sekurang-kurangnya 80% siswa memperoleh nilai di atas KKM (70). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motivasi belajar siswa tinggi pada siklus I sebesar 73,33% dengan rata-rata 68,9 dan pada siklus II sebesar 93,33% dengan rata-rata sebesar 83,83. (2) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 66,7% dengan rata-rata 72,67 dan pada siklus II sebesar 86,7% dengan rata-rata 88,67. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat motivasi belajar dan hasil belajar siswa belum sesuai dengan indikator keberhasilan maka dilanjutkan ke siklus II, sedangkan pada siklus II tingkat motivasi siswa dan hasil belajar siswa sudah sesuai dengan indikator keberhasilan maka penelitian dihentikan pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, motivasi belajar, hasil belajar, matematika |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ade Nor Isnanda |
Last Modified: | 24 Aug 2024 00:51 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17136 |
Actions (login required)
View Item |