PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT

Larasati, Anggi (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_84202_2015010031.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010031_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (564kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010031_0713087101_0705096503_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010031_0713087101_0705096503_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010031_0713087101_0705096503_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010031_0713087101_0705096503_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010031_0713087101_0705096503_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2015010031_0713087101_0705096503_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (235kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010031_0713087101_0705096503_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yaitu model pembelajaran dengan metode ceramah dan tugas tertulis dimana model pembelajaran ini berpusat pada guru dan kurang memberikan kesempatan siswa untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah secara mandiri sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yakni model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan 4 indikator pemecahan masalah Polya yaitu (1) memahami masalah, (2) membuat rencana pemecahan masalah, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah, (4) memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada SMPN 2 Grogol pada materi persamaan kuadrat. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 2 Grogol pada materi persamaan kuadrat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Grogol kelas IX - E. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Probability Sampling. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi, angket respon siswa dan Pretest Posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas data dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah baik untuk diterapkan, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil observasi yaitu 95,39% dengan kategori sangat baik dan hasil respon siswa yaitu 83,84% dengan kategori positif. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan kuadrat. Ditunjukkan dengan hasil Pretest Posttest 4 indikator pemecahan masalah Polya, indikator memahami masalah mengalami peningkatan 18%, indikator membuat rencana pemecahan masalah mengalami peningkatan 43%, indikator melaksanakan rencana pemecahan masalah mengalami peningkatan 67%, indikator memeriksa kembali dan menarik kesimpulan mengalami peningkatan 86%. Berdasarkan peningkatan setiap indikator kemampuan pemecahan masalah yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Persamaan Kuadrat
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Anggi Larasati
Last Modified: 23 Aug 2024 21:44
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17132

Actions (login required)

View Item View Item