Gunawan, Arfanda Syahrul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060004.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060004_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (152kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100094_0713078602_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (547kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060004_0704078402_0721048402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060004_0704078402_0721048402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060004_0704078402_0721048402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060004_0704078402_0721048402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060004_0704078402_0721048402_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (252kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060004_0704078402_0721048402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (555kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN 3 JATIKALEN Kabupaten Nganjuk pada kelas IV. Pada saat proses pembelajaran tatap muka dikelas IV ditemukan bahwa materi yang belum atau kurang dikuasai dan dipahami oleh siswa adalah materi keberagaman budaya indonesia. Permasalahan tersebut terjadi karena kurangnya minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga banyak yang tidak menyukai pembelajaran tersebut dikarenakan bosan terhadap bahan ajar yang digunakan. Rumusan masalah (1)Bagaimana kevalidaan pengembangan media scrapbook pada pembelajaran materi keberagaman budaya Indonesia siswa kelas 4 Sekolah Dasar?.(2)Bagaimana kepraktisan terhadap pengembangan media scrapbook pada pembelajaran materi keberagaman budaya Indonesia siswa kelas 4 Sekolah Dasar?.(3)Bagaimana efektivitas media scrapbook pada pembelajaran materi keberagaman budaya Indonesia siswa kelas 4 Sekolah Dasar?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media SCRAPBOOK pada materi keberagaman budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek guru dan siswa kelas 4 SDN 3 JATIKALEN. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, angket penilaian produk, dan soal hasil belajar berupa post test dengan Teknik analisis berupa kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil penelitian ini adalah (1) media pembelajaran scrapbook mendapatkan hasil dari validasi ahli media sebesar 90%. (2) media pembelajaran scrapbook mendapatkan hasil dari validasi ahli materi sebesar 95% (3) media pembelajaran scrapbook dinyatakan praktis dan memperoleh hasil angket dari guru yaitu 92,5% sedangkan hasil angket dari siswa mendapatkan nilai 85,5%.(4) media pembelajaran scrapbook diuji keefektifannya melalui soal posttest dari uji coba terbatas mendapat nilai rata rata 83,5%, sedangkan uji coba luas memperoleh nilai rata rata 87,5%. Berdasarkan hasil nilai pada uji coba terbatas dan uji coba luas mengalami peningkatan. Berdasarkan persentase maka media pembelajaran scrapbook sangat efektif untuk digunakan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran scrapbook dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena dinyatakan valid,praktis, dan efektif dalam membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran,SCRAPBOOK, Penelitian pengembangan R&D |
Subjects: | 660 Art, design and media > 670 Science arts 660 Art, design and media > 680 Art science |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Arfanda Syahrul Gunawan |
Last Modified: | 22 Aug 2024 23:16 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17035 |
Actions (login required)
View Item |