PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRUTH OR DARE PADA MATERI CERITA FIKSI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Tyas, Hesty Dwy Wahyuning (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRUTH OR DARE PADA MATERI CERITA FIKSI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060092.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060092_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (212kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060092_0704078402_0721048402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (744kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060092_0704078402_0721048402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060092_0704078402_0721048402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060092_0704078402_0721048402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060092_0704078402_0721048402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060092_0704078402_0721048402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (234kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060092_0704078402_0721048402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berfungsi sebagai perantara atau saluran atau jembatan dalam kegiatan komunikasi (penyampaian dan penerimaan pesan) antara komunikator (penyapai pesan atau guru) dan komunikan (penerima pesan atau siswa). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kartu Truth or Dare dan mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Cerita Fiksi di kelas IV SDN 3 Tiron. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), Dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas kelas IV SDN Tiron 3. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 94% berkategori sangat valid, ahli media 88% berkategori sangat valid dan ahli praktisi 94,2% berkategori sangat praktis. Hasil respon peserta didik mencapai 100% yang termasuk dalam kategori interpretasi sangat baik berdasarkan skala Likert. Hasil validasi ahli materi, media dan ahli praktisi menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu Truth or Dare sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan adanya ketertarikan peserta didik terhadap media pembelajaran kartu Truth or Dare. Media pembelajaran Truth or Dare merupakan suatu permainan yang dapat dibuat secara berkelompok dan dapat merangsang siswa untuk berperan aktif sehingga dapat dijadikan solusi pembelajaran pada materi cerita fiksi dan dengan menggunakan media pembelajaran ini siswa dapat lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan dengan hal tersebut pastinya dapat meningkatkan prestasi siswa dan dengan meningkatnya prestasi siswa capaian pembelajaran jugadapat tercapai. Kata Kunci : Pengembangan, Truth or Dare, Cerita Fiksi, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Truth or Dare, Cerita Fiksi, Sekolah Dasar
Subjects: 500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language)
500 Linguistics > 520 Linguistics
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hesty Dwy Wahyuning Tyas
Last Modified: 17 Aug 2024 10:18
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16337

Actions (login required)

View Item View Item