PENGIMPLEMENTASIAN METODE PATHFINDING PADA GAME GUARDIANS OF SRIWIJAYA MENGGUNAKAN ALGORITMA A-STAR

Pradana, Yoga Setya Adi (2024) PENGIMPLEMENTASIAN METODE PATHFINDING PADA GAME GUARDIANS OF SRIWIJAYA MENGGUNAKAN ALGORITMA A-STAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_55201_2013020054.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_2013020054_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (348kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_2013020054_0720117501_0708028704_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_2013020054_0720117501_0708028704_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_2013020054_0720117501_0708028704_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_2013020054_0720117501_0708028704_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_2013020054_0720117501_0708028704_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_55201_2013020054_0720117501_0708028704_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_2013020054_0720117501_0708028704_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (776kB) | Request a copy

Abstract

Game merupakan salah satu bentuk media yang digunakan untuk menyampaikan sebuah cerita kepada orang yang memainkannya. Game diperlukan memiliki penyampaian yang tidak monoton dan bisa berubah-ubah. Terlebih untuk game yang memiliki format 2 dimensi (2D) yang memiliki sedikit kreatifitas dibandingkan game 3 dimensi (3D). Untuk membuat cerita pada game 2D terasa lebih hidup, game menggunakan beberapa terapan teknologi. Teknologi yang digunakan pada game untuk membuat media yang ingin disampaikan itu terasa tidak monoton yaitu salah satunya pathfinding. Pathfinding dengan Algoritma A-star merupakan Algoritma yang sering digunakan pada beberapa media dan juga game. Dan juga untuk Game Engine Godot, Algoritma A-star merupakan algoritma tetapan untuk pathfinding. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan pathfinding pada NPC menggunakan Algoritma A-star. NPC akan diberi Algoritma A-star untuk proses pathfinding untuk menemukan posisi kita (player) secara efisien sehingga membuat game memiliki beberapa tantangan dan tidak terasa monoton. Hasil dari game ini memiliki fungsional yang bisa digunakan. Mulai dari opsi setting, tutorial, memulai game dan lain-lain. Implementasi pathfinding dengan Algoritma A-star pada game “Guardians of Sriwijaya” bekerja dengan baik tanpa adanya bug ataupun glitch.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game, 2D, Pathfinding, A-Star, Godot
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 463 Software engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Yoga Setya Adi Pradana
Last Modified: 16 Aug 2024 16:28
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16251

Actions (login required)

View Item View Item