PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JENDELA DAUN (JEDA) PADA PEMBELAJARAN IPA SD MATERI JENIS DAN BENTUK TULANG DAUN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Puspitasari, Ilmi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JENDELA DAUN (JEDA) PADA PEMBELAJARAN IPA SD MATERI JENIS DAN BENTUK TULANG DAUN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060130.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (395kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_0708087703_070612701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Klanderan, yang menunjukkan pembelajaran IPAS pada capaian pembelajaran bentuk dan jenis tulang daun tumbuhan yang ada di kelas IV. Permasalahan yang didapatkan yaitu 1) kurangnya pemahaman siswa mengenai materi bentuk dan jenis-jenis tulang daun tumbuhan 2) kondisi siswa yang tidak kondusif pada saat pembelajaran 3) kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan pembelajaran 4) tidak tersedianya media pembelajaran sebagai penunjang belajar siswa 5) hasil belajar siswa pada materi bentuk dan jenis tulang daun tumbuhan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media Jendela Daun (JEDA). Pada penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu, 1) tahap pengembanagn (development), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) tahap implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini menggunakan 2 sekolah yaitu SDN Klanderandan SDN Plosolor dengan jumlah siswa masing-masing sekolah 18 dan 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara terstruktur, angket, observasi dan juga tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, pedoman wawancara, pedoman observasi dan soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Kevalidan yang diukur dari hasil skor angket validator materi dan validator media, kepraktisan diukur dari hasil skor angket respon guru dan keefektifan dilihat dari skor hasil ketuntasan belajar siswa pada saat uji luas. Setelah dilakukan analisis data diperoleh kriteria sangat valid dengan skor ahli materi dan ahli media dengan skor rata-rata 87% . Hasil uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan hasil angket respon guru dengan skor 98% . Sedangkan pada uji keefektifan mendapatkan skor 97% berdasarkan hasil perhitungan ketuntasan belajar klaksikal siswa yang dilakukan pada saat uji luas sehingga dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan analisis yang dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa media Jendela Daun ( JEDA) ini sangat valid, sangat praktis, dan sangan efekif sehingga dapat digunakan pada pembelajaran materi bentuk dan jenis tulang daun tumbuhan pada kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Herbarium, Bentuk dan Jenis Tulang Daun Tumbuhan
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ilmi Puspitasari
Date Deposited: 13 Aug 2024 14:02
Last Modified: 13 Aug 2024 14:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item View Item