PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM DI KELAS V SDN SATAK 2

Lintang, Gita Pramesti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM DI KELAS V SDN SATAK 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060324.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060324_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + references)
RAMA_86206_2014060324_0730098803_0006096801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (818kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060324_0730098803_0006096801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060324_0730098803_0006096801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060324_0730098803_0006096801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060324_0730098803_0006096801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060324_0730098803_0006096801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (212kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060324_0730098803_0006096801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi, wawancara, angket analisis kebutuhan, dan juga pretes. Berdasarkan hasil angket dan wawancara oleh guru kelas dapat diketahui kemampuan siswa masih belum memahami materi yang dijelaskan oleh guru terutama materi makhluk hidup dalam ekosistem, hal ini diperkuat dari hasil pretes terdapat 63% siswa mendapatkan hasil dibawah KKM. Siswa kelas 5 masih mengalami kesulitan dalam belajar, hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan buku ajar tanpa adanya media pendukung sehingga siswa menjadi pasif dan bosan didalam kelas menjadikan siswa membawa hp kesekolah dan bermain hp pada saat jam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kevalidan media interaktif berbasis flipbook pada materi makhluk hidup dalam ekosistem di kelas V SDN Satak 2. 2) Mengetahui kepraktisan media interaktif berbasis flipbook pada materi makhluk hidup dalam ekosistem di kelas V SDN Satak 2. 3) Mengetahui keefektifan media interaktif berbasis flipbook pada materi makhluk hidup dalam ekosistem di kelas V SDN Satak 2. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Satak 2. Penelitian ini melalui lima tahap sesuai dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pretes dan angket analisis kebutuhan, angket validasi materi dan media, angket guru dan siswa, soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flipbook adalah sebagai berikut: 1) Hasil validasi media memenuhi kriteria kevalidan dengan presentase skor 86%, dan hasil validasi materi dengan presentase skor 84,42%. 2) Hasil kepraktisan media dapat dilihat dari hasil uji skala terbatas dengan presentase skor 85,71% dan hasil skala luas dengan presentase skor 91,42%, untuk angket respon pengguna guru mendapatkan presentase skor 92%. 3) Hasil keefektifan media dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test skala terbatas mendapatkan presentase skor 84%, untuk skala luas mendapat presentase skor 82%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flipbook dapat membantu siswa dalam memahami materi dan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learning media, flipbook, living things in the ecosystem
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Gita Pramesti Addiana Wahyu Lintang
Last Modified: 04 Aug 2024 04:53
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item