PENGARUH METODE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT RENDAH DAN HASIL BELAJAR BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA QUEEN AL FALAH KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI

Rohman, Moh Miftakur and WIDODO, AGUS and ANDYASTUTI, ETTY (2023) PENGARUH METODE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT RENDAH DAN HASIL BELAJAR BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA QUEEN AL FALAH KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87205_2014030018.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87205_2014030018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (176kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2014030018_0024086901_0007016201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (591kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_2014030018_0024086901_0007016201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_2014030018_0024086901_0007016201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_2014030018_0024086901_0007016201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_2014030018_0024086901_0007016201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87205_2014030018_0024086901_0007016201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87205_2014030018_0024086901_0007016201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman yang peneliti, bahwa pembelajaran belum terjadi komunikasi dua arah antara siswa dan guru yang efektif. Siswa belum mendapatkan waktu lebih banyak dalam hal diskusi dan mengeluarkan pendapatnya termasuk bercerita terkait kondisinya. Melalui penelitian ini peneliti memberikan waktu yang lebih untuk berdiskusi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan siswa lebih kreatif bertanya atau berani menjawab sebagai salah satu satu indikator berhasilnya belajar siswa yakni salah satunya dengan menggunakan metode debat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode debat terhadap hasil belajar kognitif tingkat rendah siswa kelas XI SMA Queen AL Falah. (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode debat terhadap hasil belajar berpikir kritis siswa kelas XI SMA Queen AL Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMA Queen AL Falah. Penelitian menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Hasil belajar kognitif tingkat rendah pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata 80,50. Sedangkan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode debat diperoleh nilai rata-rata 87,42. Hasil uji t untuk hasil belajar kognitif tingkat rendah diperoleh nilai t-hitung (3,634) > dari t-tabel (1,671) berarti signifikan. Untuk pengujian hipotesis, berarti Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan metode debat terhadap hasil belajar kognitif tingkat rendah siswa kelas XI SMA Queen Al Falah Kecamatan Mojo”. (2) Hasil belajar kognitif berpikir kritis pada kelas eksperimen yang menggunakan metode debat diperoleh nilai rata-rata 87,58 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional diperoleh nilai 78,67. Hasil uji t untuk hasil belajar kognitif berpikir kritis diperoleh nilai t-hitung (3,693) > dari t-tabel (1,671) berarti signifikan. Untuk pengujian hipotesis, berarti Ha diterima Ho ditolak. “Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan metode debat terhadap hasil belajar kognitif belajar berpikir kritis siswa kelas XI SMA Queen Al Falah. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan dari penggunaan metode debat yaitu siswa dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat memicu keberanian siswa untuk dapat berbicara, menyampaikan pendapat, menanggapi pendapat yang lain, mempertahankan pendapat, sehingga siswa secara maksimal aktif diskusi. Metode debat sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran, terutama pada suatu mata pelajaran yang mengutamakan kemampuan pemahaman materi yang luas seperti pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode debat, hasil belajar kognitif tingkat rendah dan hasil belajar berpikir kritis.
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 732 Cooperative education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Moh Miftakur Rohman
Last Modified: 22 Feb 2024 05:48
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13413

Actions (login required)

View Item View Item