PENGEMBANGAN MODUL MATERI KERAGAMAN BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN KEDIRI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI KRATON

Nadhifah, Siti Khoirun and Permana, Erwin Putera and Zaman, Wahid Ibnu (2024) PENGEMBANGAN MODUL MATERI KERAGAMAN BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN KEDIRI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI KRATON. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara, PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034_0706128701_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034_0706128701_0713078602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034_0706128701_0713078602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034_0706128701_0713078602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034_0706128701_0713078602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034_0706128701_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19.1.01.10.0034_0706128701_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Kraton Mojo. Menunjukkan bahwa guru di SD Negeri Kraton hanya memanfaatkan buku siswa yang telah disediakan oleh pemerintah atau LKS sebagai media dalam proses pembelajaran serta belum menggunakan modul ajar yang mengedepankan unsur lingkungan dan budaya lokal masyarakat setempat. Akibatnya pengetahuan siswa kurang terhadap kearifan lokal di Kabupaten Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah kevalidan modul materi keragaman budaya berbasis kearifan lokal kabupaten Kediri bagi siswa kelas IV? (2) Bagaimanakah kepraktisan modul materi keragaman budaya berbasis kearifan lokal kabupaten Kediri bagi siswa kelas IV? (3) Bagaimanakah keefektifan modul materi keragaman budaya berbasis kearifan lokal kabupaten Kediri bagi siswa kelas IV?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D) model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen validasi ahli modul, validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa dan ketuntasan belajar siswa. Subjek merupakan 26 siswa kelas IV SD Negeri Kraton. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Kevalidan modul oleh validator ahli modul diperoleh presntase skor 84% dan ahli materi diperoleh presentase skor 96%. Keseluruhan presentase skor yang diperoleh dari ahli modul dan materi sebesar 90%. Sehingga modul yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat valid”. (2) Kepraktisan modul dari respon guru diperoleh presentase skor 86% serta respon siswa diperoleh presentase skor 96%. Keseluruhan skor yang diperoleh dari presentase skor respon guru dan respon siswa yaitu sebesar 91%. Sehingga modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. (3) Keefektifan modul diproleh hasil 5 dari 6 siswa dinyatakan tuntas belajar untuk uji coba terbatas dengan presentase skor sebesar 83,333%. Pada uji coba luas hasil yang diperoleh yaitu 18 dari 20 siswa dinyatakan tuntas belajar dengan presentase sebesar 90%. Keseluruhan skor yang diperoleh dari presentase skor uji coba terbatas dengan uji coba luas yaitu sebesar 86,666%. Sehingga modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat efektif”. Simpulan penelitian ini menghasilkan produk berupa modul materi keragaman budaya berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri bagi siswa kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan kepada guru kelas IV untuk menggunakan modul keragaman budaya berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri pada mata pelajaran IPAS bab 6 materi keragaman budaya. Sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan mengenal keragaman budaya kearifan lokal Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Kearifan Lokal, Keragaman Budaya
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Khoirun Nadhifah
Last Modified: 19 Feb 2024 14:53
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13268

Actions (login required)

View Item View Item