PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Angelintan, Della and ZAMAN, WAHID IBNU and LAILA, ALFI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_17101100092.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100092_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (275kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100092_0713078602_0708087703_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100092_0713078602_0708087703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100092_0713078602_0708087703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100092_0713078602_0708087703_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100092_0713078602_0708087703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_17101100092_0713078602_0708087703_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (492kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100092_0713078602_0708087703_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Ngadiluwih 2 Kabupaten Kediri ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran matematika, yaitu (1) peserta didik kesulitan dalam menerima dan memahami mata pelajaran matematika, (2) mata pelajaran matematika diaggap sebagai mata pelajaran yang membosankan, (3) pendidik masih menggunakan buku sebagai media pembelajaran, (4) kurangnya inovasi dan kreatifitas guru dalam penggunaan media pembelajaran, (5) guru kesulitan membuat media pembelajaran sesuai perkembangan IPTEKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran interaktif yang valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba skala terbatas adalah 6 siswa kelas II SDN Ngadiluwih 2 dan subjek uji coba skala luas adalah 20 siswa kelas II SDN Ngadiluwih 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket ahli materi dan ahli media untuk mengukur kevalidan media, pre-test dan post-test dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 10 butir untuk mengukur keefektifan media, serta angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan media. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) menghitung presentase hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi, (2) melakukan uji normalitas dan uji wilcoxon dari hasil nilai pre-test dan post-test siswa, (3) menghitung presentase hasil kepraktisan dari angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Hasil uji validasi materi menunjukkan presentase skor 90% dan hasil validasi media sebesar 89%. Hasil dari rekapitulasi validasi materi dan media memperoleh presentase skor 89,5% yang artinya media pembelajaran ini sangat valid. (2) Hasil uji keefektifan skala terbatas mendapatkan nilai uji normalitas Sig. pre-test 0,0001 < 0,05 data berdistribusi tidak normal dan Sig. post-test 0,091 > 0,05 data berdistribusi normal. Uji normalitas skala luas nilai Sig. pre-test sebesar 0,117 > 0,05 data berdistribusi normal dan Sig. post-test 0,001 < 0,05 data berdistribusi tidak normal. Hasil uji wilcoxon skala terbatas Z hitung -2,264 dan Asymp.Sig.(2-tailed) 0,024, pada skala luas Z hitung -3,961 dan Asymp.Sig.(2-tailed) 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran interaktif. (3) Hasil uji kepraktisan angket guru memperoleh presentase sebesar 93% dan angket respon siswa sebesar 94%. Skor keseluruhan yang diperoleh adalah 93,5% dan media pembelajaran dinyatakan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Penjumlahan dan Pengurangan
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Della Angelintan
Last Modified: 19 Feb 2024 09:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13209

Actions (login required)

View Item View Item