PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGELOLAAN USAHA BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT UMKM DI KEDIRI

FORIJATI, Rr PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGELOLAAN USAHA BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT UMKM DI KEDIRI. In: Prosiding Seminar Nasional.

[img] Text
4.a. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGELOLAAN USAHA BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT UMKM DI KEDIRI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
4. b. Peer reviu Pengembangan Modul Pembelajaran Pengelolaan Usaha berbasis Knowledge Management di Kediri.pdf

Download (859kB)
[img] Text
4.c. Turnuitin PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGELOLAAN USAHA BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT UMKM DI KEDIRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Pengelolaan Usaha berbasis Knowledge management UMKM. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah 1) Studi pendahuluan yaitu mengeksplorasi kebutuhan UMKM dan mengeksplorasi knowledge management UMKM 2) pembuatan Modul Pembelajaran Pengelolaan Usaha Berbasis Knowledge Management UMKM 3) validasi dari expert: ahli rancangan pembelajaran, ahli isi bidang ilmu, ahli media pembelajaran 4) pelaksanaan kegiatan pengembangan (uji coba prototype) 5) evaluasi kegiatan dengan model CIPP (Context, Input, Process dan Product). Hasil pengembangan, secara konseptual menurut tanggapan/penilaian ahli rancangan, ahli isi bidang ilmu dan ahli media pembelajaran menunjukkan produk pengembangan yang dihasilkan dinyatakan tepat dan layak untuk dimanfaatkan sebagai modul pembelajaran. Secara teknis operasional dari hasil uji coba kelompok kecil dan ujicoba lapangan menunjukkan bahwa produk pengembangan yang diujicobakan menghasilkan perolehan belajar yang positif bagi subjek uji coba (pebelajar). Hal ini ditandai dengan nilai hasil uji validitas berada dalam skala 80% - 100% atau masuk kualifikasi sangat baik. Dari dua puluh lima orang subjek uji coba lapangan diperoleh hasil rerata nilai test akhir sebesar 79,68, sedangkan rerata nilai tes awal sebesar 52,76. Dengan menggunakan Paired Samples Test, didapatkan nilai t-value -11,486 pada tingkat signifikansi .000. Hal ini berarti terdapat peningkatan yang signifikan hasil tes akhir dari tes awal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 550 Economics > 561 Economic development
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rr Forijati
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:09
Last Modified: 24 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item