Pengembangan E-Modul Ekonomi berbasis Problem-Based Learning dengan Pendekatan Hybrid Learning

SUBAGYO, SUBAGYO and Muchson, Muchamad (2022) Pengembangan E-Modul Ekonomi berbasis Problem-Based Learning dengan Pendekatan Hybrid Learning. Universitas Nusantara PGRI Kediri, KEDIRI.

[img] Text
Perolehan HIbah DPRM.pdf

Download (705kB)
[img] Text
Pengembangan E-Modul Ekonomi berbasis Problem-Based Learning dengan Pendekatan Hybrid Learning.pdf

Download (468kB)

Abstract

Latar belakang peneltian ini yaitu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran ekonomi di sekolah yang mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada siswa serta mengharapkan adanya keterampilan siswa seperti critical thinking skill, creative thinking skill, communication thinking skill dan collaboration skill. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut diperlukan model pembelajaran yang sesuai, yaitu problem- based learning dengan menggunkan media pembelajaran e- modul. E- modul pembelajaran merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara sistematis dan menarik sehingga mudah untuk dipelajari secara mandiri. Untuk itu kombinasi antara model pembelajaran, pendekatan pembelajaran maupun penguasaan teknologi, informasi dan komunikasi dalam penelitian ini diharapkan mampu mempermudah penyampaian materi dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan terutama di masa pandemi, sehingga digunakan pendekatan Hybrid Learning. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana e- modul ekonomi berbasis problem- based learning dengan pendekatan Hybrid Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megembangkan e-modul ekonomi berbasis problem-based learning dengan pendekatan Hybrid Learning. Urgensi dalam penelitian ini adalah 1) Kontribusi e-module ekonomi berbasis problem- based learning dengan pendekatan Hybrid Learning diharapkan mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X IPS di MAN 1 Kabupaten Kediri; 2) Dengan adanya emodule ekonomi berbasis problem- based learning dengan pendekatan Hybrid Learning diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPS di MAN 1 Kabupaten Kediri; 3) emodule ekonomi berbasis problem- based learning dengan pendekatan Hybrid Learning diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS di MAN 1 Kabupaten Kediri. Tahapan dalam penelitian ini antara lain: 1) studi pendahuluan (studi literatur dan observasi penelitain pendahuluan); 2) pengembangan draf awal penelitian dan analisis teori; 3) validasi awal ahli rencana pembelajaran, ahli isi materi, ahli bahasa, dan ahli penyajian; 4) uji coba kelompok kecil; 5) uji coba lapangan; 6) revisi tahap akhir; dan 7) publikasi penelitian. Penelitian ini memiliki beberapa luaran: 1) Publikasi pada jurnal internasional IJRR (International Journal of Research and Review) publish dengan judul "Development of Problem- Based Learning Economic EModule with Hybrid Learning Approach". Vol. 9, Issue 8, Agustus 2022. (Doi: https:// doi.org/10.52403/ ijrr.20220873), 2) Prosiding Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Akuntansi (SENMEA), Volume 7 Nomor 1, Hal. 131-137, September 2022, dengan judul “Pengembangan E- Modul Ekonomi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah” (https:// proceeding.unpkediri.ac.id/ index.php/ senmea/ article/view/2110/1703), 3) e-modul/buku ajar ber ISBN (Proses ISBN). berdasarkan uraian tersebut, tingkat TKT pada penelitian ini adalah 3 karena menghasilakn media pembelajaran berupa e- modul ekonomi berbasis problem- based learning yang valid, praktis, serta efektif dalam pembelajaran

Item Type: Other
Subjects: 550 Economics > 561 Economic development
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Subagyo Subagyo
Date Deposited: 14 Sep 2023 11:04
Last Modified: 14 Sep 2023 11:04
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12670

Actions (login required)

View Item View Item