BOARD GAME ANTABOGA: MEDIA PERMAINAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA

SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and KRISPHIANTI, YUANITA DWI and SUKMADEVA, DANASTYA NURDWI (2023) BOARD GAME ANTABOGA: MEDIA PERMAINAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_19101010007.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010007_0701068903_0708068904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010007_0701068903_0708068904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010007_0701068903_0708068904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010007_0701068903_0708068904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010007_0701068903_0708068904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_19101010007_0701068903_0708068904_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (275kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010007_0701068903_0708068904_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010007_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang penuh dengan kekayaan, salah satunya adalah keberaneka ragaman budaya. Budaya disetiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda dan budaya sudah erat dengan masyarakat Indonesia. Salah satu contoh budaya adalah kebudayaan wayang. Tokoh pewayangan Sang Hyang Antaboga, tokoh ini merupakan tokoh yang bijaksana suka menolong, berani serta bertanggung jawab dan tokoh ini digambarkan melalui media permainan untuk meningkatkan Self Cinfidence siswa yang masih rendah, melalui permainan ini diharapkan siswa mampu meningkatkan Self Confidence yang rendah sehingga nantinya bisa memiliki Self Confidence yang jauh lebih baik seperti karakter Sang Hyang Antaboga dalam bentuk sebuah permainan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Borg And Gall dengan hanya 7 tahapan dan hasil uji media menggunakan uji intereter yang sudah dilakukan dengan penguji 2 ahli materi dan penguji 2 ahli media mendapat hasil dari 10 indikator dalam uji ahli ke 10 nya mendapatkan skor D dan hasil untuk 23 indikator uji media mendapatkan hasil yang sama yaitu D atau mendapat relevansi tinggi dari kedua ahli. Dengan demikian Jika relevansi tinggi dari kedua ahli maka media Anataboga layak digunakan sebagai layanan media BK, dan untuk tahapan selanjutnya bisa dilanjukan dengan uji media pada kelompok kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: antaboga,media permainan,kearifan lokal,selfconfidence
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Danastya Nurdwi Sukmadeva
Date Deposited: 27 Sep 2023 11:35
Last Modified: 27 Sep 2023 11:35
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item