PENGEMBANGAN PERMAINAN TRUTH OR DARE (TOD) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KARIR SISWA KELAS 11 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI

AJI, NOVITA DEWI and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and GUMILANG, GALANG SURYA (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRUTH OR DARE (TOD) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KARIR SISWA KELAS 11 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_18101010040.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_18101010040_0702068903_0731089001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (561kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_18101010040_0702068903_0731089001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_18101010040_0702068903_0731089001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_18101010040_0702068903_0731089001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_18101010040_0702068903_0731089001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_18101010040_0702068903_0731089001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010040_0702068903_0731089001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010040_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatar belakangi hasil wawancara dengan guru BK dan juga observasi yang dilakukan peneliti, yang menunjukkan bahwa banyak siswa di SMK Muhammadiyah 2 Kediri memiliki rasa percaya diri karir kurang/rendah. Hal ini dijelaskan oleh guru BK bahwa masih banyak ditemukan siswa malu apabiladisuruh guru maju kedepan kelas, tidak percaya dengan kemampuan yang dimiliki, dan muncul rasa minder ketika menyampaikan karir yang diinginkan, serta tidak berani berpendapat di depan banyak orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan milik Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dimana yang sebelumnya 10 tahap pengembangandari Borg and Gall, menjadi 8 tahap yaitu, tahap (1) pengumpulan informasi,tahap (2) melakukan perencanaan, tahap (3) pengembangan draf produk, tahap (4)uji coba lapangan awal (Dosen), tahap (5) merevisi hasil uji coba, tahap (6) uji cobaguru BK, (7) hasil uji coba guru BK (8) tahap akhir, dalam tahap akhir makaproduksiap untuk digunakan setelah dilakukan berbagai revisi. Serta di uji validitasnya, dimana hasil 8 tahap penelitian ditemukan hasil penilaian kemudian di uji validitas untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Penelitian yang telah dilakukan ini, menghasilkan produk yaitu sebuah media Truth Or Dare (TOD) untuk meningkatkan percaya diri karir siswa. Produk ini terdiri dari: (1) kartu truth or dare, (2) koin, (3) buku panduan, (4) kotak media dan sudah melalui uji ahli materi, uji ahli media, dan uji calon pengguna. Berdasarkan dari hasil interval ahli materi memperoleh hasil memperoleh hasil 36%, 36%, 28% yangberarti layak digunakan, hasil interval ahli media memperoleh hasil 66,67%, 33,3%yang berarti layak digunakan digunakan, dan dari uji pengguna hasil interval memperoleh hasil 45,5%, 54,5% yang berarti layak digunakan. Dari semua hasil yang diperoleh maka permainan truth or dare yang telah peneliti kembangkan dapatditerima secara praktis dan teoritis sebagai salah satu media BK. Saran bagi guru BK untuk permainan truth or dare dapat diimplementasikan sebagai salah satu inovasi layanan BK untuk siswa untuk membantu meningkatkan percaya diri karir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri Karir, Permainan Truth or Dare
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novita Dewi Aji
Date Deposited: 27 Sep 2023 11:36
Last Modified: 27 Sep 2023 11:36
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item