Pengembangan Instrumen Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Berbasis Kontekstual

Saputra, Alib Nurhadi and WIDODO, SURYO and NURFAHRUDIANTO, AAN (2020) Pengembangan Instrumen Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Berbasis Kontekstual. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text
RAMA_84202_16101050006.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RAMA_84202_16101050006_SIMILARITY.pdf

Download (190kB)
[img] Text
RAMA_84202_0002026403_0724077901_06_ref.pdf

Download (82kB)
[img] Text
RAMA_84202_0002026403_0724077901_07_lamp.pdf

Download (446kB)

Abstract

Kemampuan berpikir siswa Indonesia masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari peringkat Indonesia berdasarkan hasil TIMSS pada tahun 2018. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan memberikan penguatan kemampuan siswa, salah satu upaya yang dilakukan dengan membekali siswa dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan soal-soal HOTS Berbasis Kontekstual. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keterampilan berfikir tingkat tinggi berbasis kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Tessmer. Pengembangan dengan model ini dilakukan dalam dua tahap, yakni: 1) tahap preliminary dan 2) tahap evaluasi formativ. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi soal. Hasil pengembangan ini adalah 12 butir soal matematika HOTS berbasis kontekstual kelas X dengan validitas sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: HOTS, kontekstual, Pengembangan
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alib Nurhadi Saputra
Date Deposited: 24 Aug 2020 15:45
Last Modified: 24 Aug 2020 15:45
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item