RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN GAMBAR WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN BUDAYA TRADISIONAL

Praseno, Dhimas Dwi and WIDODO, DANANG WAHYU and WAHYUNIAR, LILIA SINTA (2023) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN GAMBAR WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN BUDAYA TRADISIONAL. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_55201_19103020206.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_19103020206_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (319kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_19103020206_0720117501_0705129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (481kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_19103020206_0720117501_0705129001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_19103020206_0720117501_0705129001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_19103020206_0720117501_0705129001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_19103020206_0720117501_0705129001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_55201_19103020206_0720117501_0705129001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (76kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_19103020206_0720117501_0705129001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang pesat di berbagai bidang, termasuk komputer dan perangkat mobile, terutama dalam bidang multimedia, kebutuhan manusia terhadap teknologi semakin meningkat baik untuk tujuan pembelajaran maupun hiburan. Pewayangan yang begitu sulit untuk dikenal karena pertunjukan wayang sudah sangat jarang di era sekarang ini atau bahkan sudah tidak ada. Dan nama – namanya sangat asing untuk sekarang ini dan bentuknya pun sangat rumit.Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk merancang sebuah game edukasi “Pengenalan Wayang Kulit. Dengan tujuan merancang game edukasi “Pengenalan Wayang Kulit” untuk mengenalkan wayang secara efektif,serta mempromosikan kebudayaan wayang kulit kepada masyarakat secara interaktif dan menarik berupa game.Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pembuat game “Pengenalan Gambar Wayang” adalah game edukasi “Pengenalan Gambar Wayang kulit.Hasil uji coba Blackbox pada game “Pengenalan Gambar Wayang” semua berjalan dengan lancar, mulai dari fungsi tombol dan gameplay. Sedangkan untuk uji coba pengguna berhasil memperoleh rata-rata persentase nilai 85,90% dengan indicator kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Game, Pengenalan Gambar Wayang.
Subjects: 660 Art, design and media > 676 Other performing arts that have not been mentioned yet
710 Education science > 780 Technology and vocational education science
710 Education science > 811 Art drama, dance and music education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Dhimas Dwi Praseno
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:41
Last Modified: 27 Sep 2023 13:41
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item