Widyahabsari, Diantika and AKA, KUKUH ANDRI and ZAMAN, WAHID IBNU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL (MAKANAN KHAS JAWA TIMUR) UNTUK SISWA KELAS II SDN GOGORANTE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_19101100098.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100098_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (117kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100098_0713118901_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (687kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100098_0713118901_0713078602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100098_0713118901_0713078602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100098_0713118901_0713078602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100098_0713118901_0713078602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100098_0713118901_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (238kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100098_0713118901_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN Gogorante. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Gogorante tepatnya di kelas 2 pada materi bangun ruang terdapat kendala dalam proses pembelajaran. Guru yang masih berbasis teacher center. Materi bangun ruang pada peserta didik sekolah dasar umumnya masih menggunakan contoh gambar yang sangat biasa. Selain itu guru kurang menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar peserta didik yang masih rendah atau di bawah KKM yaitu di bawah 77 serta peserta didik menjadi kurang berantusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran video animasi pada materi bangun ruang berbasis kearifan lokal (makanan khas Jawa Timur) untuk peserta didik kelas II SDN Gogorante? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran video animasi pada materi bangun ruang berbasis kearifan lokal (makanan khas Jawa Timur) untuk peserta didik kelas II SDN Gogorante? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran video animasi pada materi bangun ruang berbasis kearifan lokal (makanan khas Jawa Timur) untuk peserta didik kelas II SDN Gogorante? Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Metode dan model yang digunakan oleh peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi yang bertujuan untuk diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media video animasi telah memenuhi tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasilnya adalah sebagai berikut (1) Media video animasi memperoleh hasil dari validasi ahli media sebesar 92% dan hasil dari validasi ahli materi sebesar 84%. Dengan demikian media video animasi memperoleh skor rata-rata sebesar 88% yang tergolong sangat valid. (2) Media video animasi di uji kepraktisannya melalui angket yang di isi oleh guru dan peserta didik. Hasil angket dari guru yaitu 96% sedangkan hasil angket dari siswa mendapatkan nilai 98%. Dengan demikian media video animasi memperoleh skor rata-rata sebesar 97% yang tergolong sangat praktis. (3) Media video animasi di uji keefektifannya melalui soal evaluasi yang diberikan kepada peserta didik. Dari hasil uji coba terbatas 1 dan 2 diperoleh dengan nilai rata-rata 90 dan 92,5. Sedangkan hasil uji coba luas 1 dan 2 diperoleh dengan nilai rata-rata 89 dan 91 sehingga apabila kedua nilai hasil uji coba luas 1 dan 2 dirata-rata memperoleh nilai sebesar 90 yang dapat dikategorikan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video animasi, Bangun Ruang, Kearifan Lokal, Makanan Khas Jawa Timur |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Diantika Widya Habsari |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 15:02 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 15:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11711 |
Actions (login required)
View Item |