PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATCH UP BERBASIS GAME WORDWALL PADA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI BALONGASE

Purwaningrum, Galuh Indah and WENDA, DHIAN DWI NUR and PUTRI, KHARISMA EKA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATCH UP BERBASIS GAME WORDWALL PADA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI BALONGASE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100051.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100051_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (194kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100051_0701058701_0719109101_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (528kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_0701058701_0719109101_02.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_0701058701_0719109101_03.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_0701058701_0719109101_04.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_0701058701_0719109101_05.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_0701058701_0719109101_06_Ref.pdf.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (377kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_0701058701_0719109101_07_Lamp.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini di latar belakangi oleh hasil observasi di kelas IV SD Negeri Balongasem Kabupaten Nganjuk. Hasil observasi diketahui bahwa guru belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran match up berbasis game wordwall pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya untuk siswa kelas IV SD Negeri Balongasem. Media yang dikembangkan akan diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan observasi wawancara, analisis dokumen test dan angket. Test menggunakan pre-test dan post-test yang digunakan untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa setelah penggunaan media Match Up Berbasis Game Wordwall. Sedangkan angket untuk mengetahui penilaian ahli terhadap media Match Up Berbasis Game Wordwall dan respon guru serta siswa terhadap media pembelajarn Match Up Berbasis Game Wordwall. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran match up berbasis game wordwall pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya untuk kelas IV SD Negeri Balongasem adalah sebagai berikut: (1) Hasil kevalidan media match up berbasis game wordwall mendapatkan presentase 86% yang dikategorikan sangat valid. (2) Hasil kevalidan materi pada media match up berbasis game wordwall mendapatkan nilai 90% yang dikategorikan sangat valid. (3) Hasil angket kepraktisan respon guru mendapatkan presentase 92% (4) Hasil angket kepraktisan respon siswa mendapatkan presentase 88,03%. (5) Hasil keefektivan siswa melalui pre-test dan post-test dengan menggunakan media pembelajaran match up berbasis game wordwall pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya diperoleh hasil pree-test presentase 44,25% dikategorikan kurang efektif sedangkan hasil post-test presentase 90,35% dikategorikan efektif. Berdasarkan hasil diatas disimpulkan bahwa media match up berbasis game wordwall valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Match Up, Game Wordwall, ADDIE, Penelitian Pengembangan, Bagian Tumbuhan dan Fungsinya
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
900 Other sciences > 900 Other sciences
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Galuh Indah Purwaningrum
Last Modified: 14 Aug 2023 10:21
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11655

Actions (login required)

View Item View Item