PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI (DUPOPIN) PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDN BULUSARI 3 KABUPATEN KEDIRI

Subekti, Dwi Kartika Indah and SAIDAH, KARIMATUS and MUKMIN, BAGUS AMIRUL (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI (DUPOPIN) PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDN BULUSARI 3 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100069.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100069_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100069_0710039103_0710059001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100069_0710039103_0710059001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100069_0710039103_0710059001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100069_0710039103_0710059001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100069_0710039103_0710059001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100069_0710039103_0710059001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (91kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100069_0710039103_0710059001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bedasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas I SDN Bulusari 3. Mendapatkan Hasil bahwa terdapat siswa yang mengalami kesulitan menguasai materi salah satunya materi pada penjumlahan dan pengurangan, hal tersebut muncul dengan terbatasnya media pembelajaran,guru hanya menggunakan buku guru serta buku siswa saat menyampaikan materi serta pada saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang tertarik pada proses pembelajaran. Siswa merasa kesulitan dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan, sehingga 70% hasil belajar siswa berada di bawah KKTP (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran). Tujuan dari pengembangan media pembelajaran tiga dimensi (DUPOPIN) untuk mengetahui kevalidan,kepraktisan serta keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang menggunakan instrument observasi, angket, pre-test dan post-test. Untuk analisis data menggunakan analisi kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN Bulusari 3 dengan jumlah siswa 25 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran tiga dimensi (DUPOPIN), hasil validasi ahli materi dan ahli validasi media memperoleh 85,4% termasuk kriteria sangat valid, kepraktisan diperoleh dari respon guru 88% termasuk kriteria sangat praktis, dan respon siswa pada uji terbatas diperoleh 92% respon siswa pada uji luas 95% termasuk kriteria sangat baik. Pada keefektifan ditentukan dari hasil penilaian pre-test dan post-test yang dilakukan pada uji coba terbatas dengan diperoleh nilai rata-rata pre-test 40 dan rata-rata post-test 83 sehingga melebihi rata-rata pre-test dan KKTP. Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji statistik dengan Paired Sample-t Test memperoleh hasil 0,001<0,05 terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pre-test yaitu 40 dan post-test 83. Serta pada uji coba luas diperoleh nilai rata-rata pre-test 44 dan rata-rata post-test 86 melebihi nilai rata-rata pre-test dan KKTP. . Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji statistik dengan Paired Sample-t Test memperoleh hasil 0,001<0,05 terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pre-test yaitu 44 dan post-test 86. Sehingga media pembelajaran tiga dimensi (DUPOPIN) dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media, tiga dimensi
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dwi Kartika Indah Subekti
Last Modified: 14 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item View Item