MENGEMBNGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN MERJANDIKELMPOK B2 TK DHARMA WANITA NGAMPEL KOTA KEDIRI

Astutiana, Endang and RIDWAN, RIDWAN and YULIANTO, DEMA (2023) MENGEMBNGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN MERJANDIKELMPOK B2 TK DHARMA WANITA NGAMPEL KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universits Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (full text)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (similarity)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[img] Text (cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031_07250371_071007820_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031_07250371_071007820_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (215kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031_07250371_071007820_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (458kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031_07250371_071007820_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (466kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031_07250371_071007820_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (138kB)
[img] Text (Referenes)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031_07250371_071007820_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (95kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86207_19.1.01.11.0031_07250371_071007820_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Endang Sri Astutiana Mengembangkan Kemampuan Kognitif dengan Kegiatan Meronce Menggunakan Merjan di Kelompok B2 TK Dharma Wanita Ngampel Kota Kediri, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri 2022 Kata kunci : pendidikan anak usia dini, kemampuan kognitif, meronce Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa TK dharma wanita terutama di kelompok B2 dalam pekembangan kognitif anak masih ada keterlambatan. Sebagian besar anak kurang termotivasi dalam pengembangan kognitif dan kurangnya perhatian guru terhadap anak. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah melalui kegiatan meronce menggunakan merjan dapat meningkatkan kemamuan kognitif di TK dharma wanita ngampel? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B2 TK dharma wanita ngampel. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus. Dengan metode terapan menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru dan anak, dokumentasi, dan hasil belajar anak. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu melalui siklus tindakan pembelajaran pada siklus I mencapai 39,4% dengan 16% anak-anak dapat memasukan manik-manik kedalam benang dan 18% anak-anak dapat menghafal dan menyusun pola, pada siklus II mencapai 50% dengan 27,7% anak dapat memasukan manik-manik kedalam benang dan 27,2% anak dapat menghafal dan menyusun pola, serta pada siklus ke III mencapai 65,5% dengan 35,5% anak mampu memasukan manik-manik kedalam benang dan 31,6% anak mampu menyusun serta menghafal pola-pola yang sudah disediakan. Maka dengan itu dapat dibuktikan bahwa dalam kegiatan meronce menggunakan merjan dapat meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan meronce menggunakan kotak merjan. Berdasarkan simpulan hasil ini, direkomendasikan: tujuan pokok mengembangkan kemampuan kognitif menggunakan kegiatan meronce dapat meningkatkan kemampuan kognitif serta dapat memotivasi anak agar tidak ada keterlambatan dalam kognitifnya. Guru masih perlu melakukan penelitian terus-menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran kegiatan meronce sesuai dengan karakteristik materi dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan anak usia dini, kemampuan kognitif, meronce
Subjects: 410 Engineering science > 420 Civil engineering and spatial planning
410 Engineering science > 421 Civil engineering
410 Engineering science > 422 Environmental engineering
410 Engineering science > 423 City planning
410 Engineering science > 424 Urban and regional planning
410 Engineering science > 425 Watering techniques
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Endang Sri Astutiana
Last Modified: 14 Aug 2023 08:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11600

Actions (login required)

View Item View Item