PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS IV DI SDN CANGGU 2

F., Tyas Puji Salma and WIGUNA, FRANS ADITIA and IMRON, ILMAWATI FAHMI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS IV DI SDN CANGGU 2. Undergraduate thesis, Univeritas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100099.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100099_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (272kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100099_0719048206_0710128902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (493kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100099_0719048206_0710128902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100099_0719048206_0710128902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100099_0719048206_0710128902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100099_0719048206_0710128902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100099_0719048206_0710128902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100099_0719048206_0710128902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh bahwa 80% peserta didik kelas IV SDN Canggu 2 tidak mengetahui keragaman budaya yang ada di daerahnya. Hal tersebut terjadi karena bahan ajar yang digunakan kurang mendukung karena bahan ajar yang digunakan berbasis nasional serta pendidik tidak memfasilitasi dengan menggunakan sumber pendukung lain untuk materi keragaman budaya lokal. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal pada materi keragaman budaya kelas IV di SDN Canggu 2? (2) Bagaimana keefektifan pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal pada materi keragaman budaya kelas IV di SDN Canggu 2? (3) Bagaimana kepraktisan pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal pada materi keragaman budaya di SDN Canggu 2? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yakni (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas IV SDN Canggu 2 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Desain penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah uji coba skala terbatas dengan sampel 10 peserta didik dan uji coba skala luas dengan sampel 25 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data (1) Bahan ajar berbasis budaya lokal dapat dikatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai sumber pembelajaran dengan hasil validasi oleh validator ahli bahan ajar mendapatkan persentase sebesar 84,6%, kemudian pada validator ahli materi mendapatkan persentase sebesar 97,2%. (2) Bahan ajar berbasis budaya lokal dapat dinyatakan sangat efektif karena telah memenuhi kriteria sangat efektif yakni >80%. Pada uji terbatas memperoleh persentase skor 90% sedangkan pada uji coba luas memperoleh skor 88% yang artinya masing-masing hasilnya >80%. (3) Bahan ajar berbasis budaya lokal dapat dikatakan sangat praktis dan layak untuk digunakan dengan memperoleh persentase skor 83,3% untuk respon guru dan 93% untuk respon siswa pada uji terbatas. Sedangkan pada uji luas memperoleh skor 83,3% sedangkan untuk respon siswa memperoleh skor 96%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis budaya lokal sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Budaya Lokal, Keragaman Budaya
Subjects: 580 Humaniora social science > 610 Social sciences
580 Humaniora social science > 618 History (history)
580 Humaniora social science > 619 Cultural studies
710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 722 Historical education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tyas Puji Salma F.
Last Modified: 13 Aug 2023 13:42
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11491

Actions (login required)

View Item View Item