Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP Dalam Membuat Masalah Matematika Kontekstual (Studi Kasus Guru PM Dengan Kualifikasi Akademik S-1 Pendidikan Matematika)

Widodo, Suryo (2012) Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP Dalam Membuat Masalah Matematika Kontekstual (Studi Kasus Guru PM Dengan Kualifikasi Akademik S-1 Pendidikan Matematika). In: Seminar Nasional Pascasarjana XII – ITS.

[img] Text
85101_0002026403.pdf

Download (1MB)
[img] Text
85101_0002026403_SIMILARITY.pdf

Download (1MB)
[img] Text
85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/...

Abstract

Dalam pembelajaran guru dianjurkan untuk menggunakan masalah kontekstual, yaitu masalah yang ada pada lingkungan siswa. Namun sangat sedikit guru yang dapat membuat masalah kontekstual sendiri, begitu juga buku-buku teks yang ada biasanya berlaku secara nasional. Tujuan penelitian ini mengungkap berpikir kreatif guru matematika SMP dalam membuat masalah (soal) matematika kontekstual. Penelitian dilakukan pada guru yang telah tersertifikasi berdasarkan kualifikasi akademik (S-1 matematika dan S-1 pendidikan matematika). Dalam kasus ini subjek penelitian satu orang guru matematika PM dengan kualifikasi akademik S-1 pendidikan matematika. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) PM mensintesis ide membuat soal berdasarkan konteks, rumus dan ukuran, bentuk tampilan soal baik berupa gambar maupun dialog verbal, soal yang telah dibuat sebelumnya; Dalam mensintesis ide subjek PM mendasarkan pada konteks soal, bilangan dalam ukuran panjang benang, tampilan soal bentuk dialog, dan soal yang pernah dibuat sebelumnya. (2) Dalam membangun ide subjek PM tidak mengalami kesulitan (lancar), dengan memperhatikan kategori soal yang diminta, klasifikasi masalah matematika, mempertimbangkan kesetaraan soal-soal yang dibuat serta membuat penampilan soal agar menarik siswa (3) Dalam merencanakan penerapan ide subjek PM terlihat produktif dan lancar dengan mempertimbangkan kemudahan dalam menggambar, melihat kembali sintesis yang dilakukan, kedekatan konteks dengan kehidupan siswa, hal yang aktual atau yang sedang tren saat ini. (4) Dalam penerapan ide subjek PM dapat menghasilkan soal “baru’ karena dia belum pernah membuat soal seperti itu, yakin bahwa soal yang dibuat memiliki solusi (benar), serta memuat konteks yang dekat dengan siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Suryo Widodo
Date Deposited: 23 Aug 2020 12:24
Last Modified: 11 Jan 2021 04:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item