PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Konsumen Tata Snack di Marketplace Shopee)

Wulandari, Anggita Putri and ALIAMI, SRI and DAMAYANTI, SUSI (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Konsumen Tata Snack di Marketplace Shopee). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_19102020066.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_19102020066_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_19102020066_0716086403_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_19102020066_0716086403_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_19102020066_0716086403_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_19102020066_0716086403_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_19102020066_0716086403_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_19102020066_0716086403_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_19102020066_0716086403_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya masalah terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ditinjau dari Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review merupakan fokus masalah dalam penelitian ini. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh signifikan dari Electronic Word of Mouth terhadap keputusan keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack (2) Pengaruh signifikan dari Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack (3) Pengaruh signifikan dari Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan metode kausalitas (sebab – akibat) yang merupakan metode penelitian yang erat dengan metode kolerasi, selanjutnya mencari kembali fakta yang menjadi penyebab melalui beberapa data tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Tata Snack di Shopee. Sampel penelitian berjumlah 60 responden dengan teknik penentuan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner online yang disebar melalui fitur chat Shopee yang mana kuisioner tersebut telah memenuhi uji validitas dan realibilitas, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi liner berganda yang telah memenuhi uji asumsi klasik dengan software IBM SPSS for windows versi 23. Hasil dari penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y= 8,204 + 0,592X1+ 0,299X2 nilai α 8,024 yang artinya semua variabel bebas yaitu Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review memiliki hubungan positif terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Regresi X1 0,592 dan Regresi X2 0,299. Maka semua variabel bebas naik 1 peningkatan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee (2) Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee (3) Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Online Customer Review, Keputusan Pembelian
Subjects: 550 Economics > 570 Management science
550 Economics > 571 Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Anggita Putri Wulandari
Date Deposited: 11 Aug 2023 10:51
Last Modified: 11 Aug 2023 10:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item View Item