DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Opat, Opsila Lodia and WAHID IBNU ZAMAN, WAHID IBNU ZAMAN and ERIF AHDHIANTO, ERIF AHDHIANTO (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_16101100063.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100063_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100063_0713078602_0704058701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100063_0713078602_0704058701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar. Dari hasil observasi tersebut diketahui bahwa rendahnya hasil belajar siswa IPA disebabkan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran IPA diantaranya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, sehingga antusias siswa mengikuti pelajaran IPA rendah, kondisi lingkungan yang kurang mendukung siswa dalam belajar, kurangnya penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran IPA berlangsung secara menoton akan membuat siswa kurang memperhatikan pelajaran yang sedang disampaikan guru tersebut. Permasalahan tersebut perlu segera diatasi, dengan cara memperbaiki rencana pembelajaran dan menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik, agar bisa mengasah kreatifitas siswa, mengajak siswa berpikir kritis. Diharapkan akan membawa dampak positif bagi hasil belajar siswa. Materi ini sangat penting diajarkan sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sekiranya menarik minat belajar siswa. Maka dari itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran jigsaw. Model jigsaw bertujuan untuk memotivasi atau mendorong siswa untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai materi dan memberi kesempatan siswa untuk berfikir atau bebas mengemukakan pendapat. Tujuan menulis artikel ini untuk mengetahui deskripsi kemampuan siswa sekolah dasar menjelaskan gaya gerak benda dengan model pembelajaran jigsaw. Dalam artikel ini hanya mengkaji teori, kedepan diharapkan ada perangkat yang mendukung seperti silabus, RPP dan handout.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Jigsaw, Kemampuan menjelaskan, gaya gerak benda
Subjects: 410 Engineering science > 420 Civil engineering and spatial planning
410 Engineering science > 426 Architectural engineering
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Opsila Lodia Opat
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:03
Last Modified: 24 Aug 2020 06:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item View Item