PERENCANAAN MANAJEMEN CUSTOMER RELATIONSHIP PADA UMKM PABRIK TEMPE DI DESA NGRAWAN NGANJUK

Septyani, Rika Arum and ERNESTIVITA, GESTY and SASONGKO, M. ZUHDI (2023) PERENCANAAN MANAJEMEN CUSTOMER RELATIONSHIP PADA UMKM PABRIK TEMPE DI DESA NGRAWAN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_19102020131.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_19102020131_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_19102020131_0720059101_0709097606_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_19102020131_0720059101_0709097606_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_19102020131_0720059101_0709097606_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_19102020131_0720059101_0709097606_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_19102020131_0720059101_0709097606_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_19102020131_0720059101_0709097606_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (996kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_19102020131_0720059101_0709097606_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi pada usaha produksi tempe di Desa Ngrawan Nganjuk merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dalam proses pengelolaan UMKM, masih menggunakan metode tradisional sehingga jumlah pelanggan masih sangat minim. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan manajemen customer relationship perihal plan marketing, quality produk, dan satisfaction pelanggan pada UMKM pabrik tempe di Desa Ngrawan Nganjuk. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendeskripsikan manajemen customer relationship perihal plan marketing, quality produk, dan satisfaction pelanggan, dilakukan dengan teknik wawancara secara langsung terhadap objek yang akan diteliti. manajemen customer relationship perihal plan marketing, quality produk, dan satisfaction pelanggan yang dilakukan UMKM Tempe di Desa Ngrawan Nganjuk diawali dengan mengumpulkan data dari pemilik dan pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tinjauan pustaka. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil pembahasan diketahui 1)perencanaan manajemen customer relationship perihal plan marketing dengan menggunakan program penawaran, pemberian produk dan kunjungan pelanggan, 2)perencanaan manajemen customer relationship perihal quality produk melalui strategi mengutamakan kualitas daripada kuantitas, 3) perencanaan manajemen customer relationship perihal satisfaction pelanggan dengan cara menerima keluhan pelanggan, menciptakan kualitas pelayanan yang memuaskan, menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggan dan mengganti produk tempe yang rusak dengan produk tempe yang baru, komunikasi ini perlu dikelola dengan baik dalam bentuk hubungan yang saling menguntungkan bagi pelanggan dan pabrik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Manajemen, Customer Relationship
Subjects: 550 Economics > 570 Management science
550 Economics > 571 Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Rika Arum Septyani
Date Deposited: 11 Aug 2023 11:25
Last Modified: 11 Aug 2023 11:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item